Unity3D

Ayo Membuat Game – Mengenal Unity3D

Halo,

Kembali lagi di sesi tutorial, setelah sekian lama StudioIndependent sedang sibuk dengan pengembangan game terbarunya (yang nanti akan di post di blog untuk updatenya :D), kali ini dalam sesi tutorial akan membahas mengenai Unity3D.

Apa itu Unity3D? buat yang belum mengenal, unity3D adalah software pengembangan game 3D/2D yang sudah sangat terkenal dan banyak digunakan baik oleh pengembang game indie ataupun profesional. Software ini ditujukan untuk siapa saja yang ingin membuat game 3D/2D ataupun aplikasi baik untuk mobile, desktop, web, dan konsol.

Tentu ini sangat menarik bagi para pengembang game, dikarenakan pembuatan game bisa jauh lebih cepat dan mudah.

nah seperti apa game yang bisa dibuat oleh unity3D? mari kita lihat beberapa screenshot game yang dibuat menggunakan unity3D.

screenshot1_480x800

Read More

Advertisements

Pong Droid Series – Part 3

Oleh: Krishna.W

Hi alll… Pada postingan kali ini, gw akan melanjutkan tutorial Pong Droid yang akan membahas tentang pemrograman tombol-tombol yang ada di layar menu awal, yaitu Start Game, About Game dan Exit Game.

Oiya, untuk yang ingin melihat kembali postingan sebelumnya tentang tutorial Pong Droid ini, bisa dilihat disini Pong Droid Series – Part 1 dan disini Pong Droid Series – Part 2.

Oke.. sekarang kita akan langsung kembali terjun ke coding..  (^^,)

Read More

Pong Droid Series–Part 2

Oleh: Krishna.W

Hi all… kali ini gw akan melanjutkan pembahasan tentang tutorial pembuatan game Pong pada platform android. Di postingan gw sebelumnya, Pong Droid Series Part 1 gw sudah membahas secara singkat tentang apa itu platform android. Di postingan kali ini gw akan membahas tentang pembuatan layar menu awal untuk game Pong Droid ini.

Oiya.. sebelumnya siapkan terlebih dulu development environment dan tools yang dibutuhkan, antara lain:

– Eclipse IDE. Yang bisa didownload disini http://www.eclipse.org/downloads/

– Android SDK. Yang bisa didownload disini Android SDK

Untuk settingan eclipse dan android SDK bisa dipelajari disini Installing the Android SDK. Dan kalau ingin beradaptasi terlebih dulu dengan pemrograman di platform android, kalian bisa mencoba tutorial HelloWord untuk android yang bisa dipelajari disini Tutorial Hello World Android

Oke, setelah development environmentnya disiapkan kita bisa langsung terjun ke coding.. =)

Read More

Pong Droid Series – Part 1

Oleh: Krishna.W

Hai.. Di postingan kali ini, gw mau sharing tentang pembuatan game Pong.
Tanya: Koq Pong lagi?
Jawab: Karena di tutorial ini gw akan membahas tentang pemrograman game pada platform android. Jadi untuk demo game-nya gw memilih Pong, karena base logicnya mirip dengan Pong untuk Blackberry yang pernah gw sharing disini sebelumnya Tutorial Game Pong untuk Blackberry

Oke, sebelum masuk ke coding gw akan menerangkan secara singkat tentang platform android.

Read More

Simple OpenGL ES in Android

Penulis oleh Fajar Purwo Nugroho.


Hai, pertama2 kenalan dulu yak..

gw fajar, designer di studioindependent..

designer kok nulis artikel ttg programing?

gpp dong, menurut steve jobs sih gini  “tak ada perbedaan antara seorang seniman dengan ilmuwan atau enginer”

nah sah2 aja dong gw nulis ttg programing, hehehe..

back to topic..

berhubung ini tulisan pertama gw, mohon maaf nih kalo banyak salah2.. *maklum otodidak

ok, kita mulai aja langsung..

Read More

Tutorial Pong Game di Blackberry

Pong

Penulis oleh Krishna.W

Sudah cukup lama vakum dan tidak menulis artikel, kali ini StudioIndependent memberikan sedikit tutorial.
Kali ini tutorial untuk BlackBerry.
nah buat kamu kamu yang ingin coba bikin game di blackberry,mungkin tutorial ini berguna buat kamu.

Ok langsung aja diliat tutorialnya.
Read More

XNA Experiment – Cel Shading

Kebetulan lagi iseng – iseng dan lagi ga ada kerjaan.. jadinya iseng – iseng experiment dengan XNA,kebetulan juga dah lama ga nyentuh XNA, dulu sempet maen XNA dan buat prototype Game FPS,tapi sayang masih belum sempet dilanjutin lagi sekarang.
jadi ya sekalian belajar dan mengingat – ingat kembali XNA.

nah kebetulan dapet tutorial membuat cel shading di XNA dan tentang HLSL tutorial, bisa di cek disini Tutorial HLSL

dan ga lama akhirnya langsung dipraktekin.

dan ini lah hasil experimentnya

Kayaknya seru kalo dilanjutin bikin game simple dengan tema cel shading. 😀