feature-smart-phone

Infographic Smartphones VS Feature Phones

Sebuah Infographic yang cukup menarik tentang Smartphones dan Feature Phones. Mungkin banyak yang berpikir bahwa Market untuk Feature Phones sudah tidak terlalu besar, hal ini tidaklah salah karena memang terlihat dominasi dari Smartphone yang cukup besar, termasuk di Indonesia dimana operator – operator membundling Smartphone dengan harga yang cukup terjangkau, dan dengan banyaknya kemunculan Smartphone murah. Nah tapi mari kita lihat yang sebenarnya dari infographic dibawah ini, bagaimana peluang dari Smartphone maupun Feature phones.

INFOGRAPHIC

Jika kita lihat diatas, hal yang menarik adalah pertumbuhan dari smartphone yang semakin meningkat, sedangkan pertumbuhan feature phone melambat. Tetapi, terdapat sekitar 5 milyar feature phone yang aktif pada tahun 2013, sedangkan smartphone sekitar 1.5 milyar. Jelas pasar feature phone sekitar 5x lebih besar dari smartphone.

Hal ini menunjukan bahwa pasar Feature phones masih sangat besar dan tidak bisa diremehkan.
Hal ini juga sudah terbukti dari beberapa Developer game lokal yang sudah meraih kesuksesan dari pasar feature phone, beberapa dari Developer game lokal itu bahkan dapat meraih revenue yang cukup signifikan dari pasar feature phone.😀

Lalu bagaimana dengan smartphone? Banyak juga dari game developer lokal yang berhasil sukses di pasar Smartphone, hanya saja butuh perjuangan yang lebih besar untuk bermain di pasar smartphone, terutama dana marketing agar produk kita bisa lebih dikenal kepada user.

Lalu bagaimana kedepannya? hal yang pasti bahwa pertumbuhan smartphone akan terus meningkat dan mungkin saja akan melampaui feature phone. Tentu saja hal ini hanya tinggal menunggu waktu.

Kedua Pasar ini, baik Smartphone maupun Feature phone mempunyai karakteristik tersendiri, tinggal bagaimana kita bisa memanfaatkan peluang dan pasar yang sesuai dengan produk kita.😀

Sumber Infographic