wpid-2011-01-20-08.29.43.jpg

StudioIndependent – Finalis XL GameHack 2013

Jakarta, 24 Maret 2013

Salah satu provider terbesar di Indonesia yang bernama XL mengadakan sebuah kontes yang bernuansa game dengan nama GameHack. Ajang yang mengambil tempat di Universitas Multimedia Serpong ini diramaikan oleh 100 developer yang ikut berpartisipasi dalam kompetisi ini. Pada kompetisi ini, XL bekerja sama dengan Kotagames agar dapat membawa 15 tim besar yang tercipta dari ajang itu ke babak final yang rencananya akan digelar pada masa yang akna datang. Tema yang diambil pada ajang GameHack 2013 ini adalah membuat game dengan genre RPG yang nantinya akan dirilis pada platform Kotagames.

Untuk membuat game tentunya tidak mudah, butuh keahlian khusus seperti bahasa permograman PHP, HTML dan MySQL. Namun yang menarik pada kompetisi yang digelar XL ini adalah setiap peserta yang terdaftar dalam kompetisi ini hanya diberikan waktu 1 x 24 jam untuk membuat game mereka. Dibutuhkan orang-orang yang bekerja cepat dalam satu tim, setiap tim tentu telah mempersiapkan engineer, artist dan game planner terbaik masing-masing agar dapat menyelesaikan penggarapan game dengan cepat. Meski kemarin ada juga salah seorang developer yang datang kesana hanya seoarang diri. Jika dia tidak memiliki kekuatan penuh, baik dalam skill atau stamina, tentu dia tidak dapat bertahan dalam kompetisi tersebut.

Tim StudioIndependent Mempresentasikan gamenya di depan juri.

Pada kompetisi tersebut, ada dua kategori yang diberikan kepada peserta, yaitu profesional dan umum. Ajang itu juga tidak terlihat seperti ajang main-main belaka. Tiga juri yang ditunjuk pada kompetisi untuk kotagame tersebut merupakan orang yang cukup berpengalaman dalam industri game mobile. Ketiga orang tersebut adalah bapak Andy Zain selaku CEO Founder dan PT. Numedia Global, Bapak Felix Ramli selaku Country Manager TMG, dan Bapak Yusup Martyastiadi selaku dosen di universitas tersebut. Tiga hal yang menjadi perhatian para juri untuk memutuskan siapa yang terbaik diambil dari tiga aspek yang dikerjakan para peserta, yaitu; konsep game, monetisasi dan teknis.

Dari waktu yang cukup melelahkan tersebut ada beberapa pemenang yang akhirnya diputuskan oleh juri. Dari setiap orang yang terpilih ini nanti masih akan melanjutkan ke babak final yang akan digelar pada tanggal 8 April 2013 di kawasan Mega Kuningan. Pada pasa tenggang yang diberikan tersebut, para finalis diberi kesempatan untuk mengerahkan seluruh kemampuan mereka untuk mengembangkan game yang telah mereka buat itu untuk kembali dinilai oleh juri.

Berikut nama-nama pemenang yang akan beradu di babak Final :

Hadiah yang diberikan pada ajang GameHack 2013 ini tentu cukup menarik, ada beberapa hadiah elektronik yang diberikan kepada pemenang seperti MacBook Air, Samsung Galaxy Tab, dan Nokia Lumia. Bukan hanya itu saja, sebuah tawaran menarik yang bisa diraih oleh developer adalah 2,000 dollar Amerika setelah game mereka diselesaikan dengan baik.

Sumber : http://www.indogamers.com/read/25/03/2013/7172/xl_gamehack_2013_berikan_hadiah_yang_sangat_menggiyurkan_/
http://www.klikgame.com/article/reportase-kotagames-xl-gamehack-2013