Era Social game semakin merambah ke Dunia Mobile

FF Brigade

Oleh : Ikhlas Risandy

Social Game
Melihat fenomena social game belakangan ini, mungkin yang terlintas dipikiran kita adalah game sosial seperti di facebook. Hal ini terbukti dengan developer game zynga yang berhasil mengembangkan game sosial dengan jumlah pemain yang sangat besar. Hal ini menjadikan, developer game berlomba – lomba untuk membuat social game. Tidak dipungkiri bahwa jumlah pemain game social di facebook sangat besar, sehingga hal ini merupakan sebuah pasar yang sangat mumpuni, dan cukup menjanjikan. Tapi jika melihat artikel sebelumnya di Era Social Game berakhir bahwa begitu banyak kemiripan antara game sosial dengan game sosial lainnya,yang akhirnya game sosial itu sendiri hanya berganti tema dan grafisnya saja, sedangkan gameplay dan lain – lainnya memiliki kemiripan.

Lalu jika memang era social game berakhir, apakah tidak ada sebuah perubahan dari social game? ada hal yang menarik, yaitu di jepang perusahaan besar seperti Square Enix dan Namco Bandai bermain ke ranah social game.

Social Game on Mobile
Melihat Perusahaan besar seperti Square Enix dan Namco Bandai bermain ke social game, ini merupakan sebuah tanda bahwa era social game masih belum berakhir, hanya saja, perubahan yang terjadi adalah ada kemungkinan era social game akan masuk ke dunia mobile. Dan hal ini sudah dilakukan oleh dua perusahaan besar di jepang yaitu Square Enix dan Namco Bandai.
Square Enix sendiri telah merilis sebuah social game mobile yang berjudul Final Fantasy Brigade yang hanya tersedia untuk Mobage di feature phones Jepang, dan tidak beberapa lama setelah rilis, versi Smartphonenya pun dirilis juga beberapa dibawah ini merupakan sebuah screenshot Final Fantasy Brigade

FF Brigade

FF Brigade

Game ini merupakan game sosial pertama Square enix di mobile, sebelumnya Square enix telah merilis sebuah game sosial di facebook dengan judul Knight of The Crystals.

Lalu Namco Bandai sendiri pun merilis sebuah game Social Mobile dengan judul One Piece Grand Collection.
One Piece Grand Collection tersedia di Mobage untuk feature phones and smartphones. Pemain dapat menggunakan karakter One Piece favoritnya didalam game ini untuk menghadapi karakter bos lawan didalam pertarungan. Sama seperti game Mobage lainnya, basic play dari game ini dapat dimainkan secara gratis.

One Piece

 

Dikabarkan One Piece Grand Collection ini berhasil meraih jutaan pemain hanya dalam 4 hari,hal ini juga dipengaruhi oleh betapa besarnya fans dari One Piece, yang merupakan sebuah manga dan anime terkenal di seluruh dunia.

Lalu apa yang menyebabkan mereka membuat social game mobile? Jika kita lihat dari Ekosistem di Jepang, terutama para pengguna Handphone, disana mungkin pelayanan seperti Internet dan lain – lain jauh lebih maju, dan para pengguna Handphone di Jepang pun sudah pasti terintregasi dengan teknologi internet. berbeda dengan Ekosistem di indonesia, dimana untuk Paket Data seperti internet masih belum menjangkau semua pengguna Handphone. Hal ini menyebabkan penetrasi social game masih kurang sesuai dengan Ekosistem di Indonesia. Walaupun di Kota – Kota besar hampir sebagian sudah menggunakan Internet.

From Desktop To Mobile.
ya mungkin saja arah social game semakin menuju dunia mobile, hal ini mungkin diperkuat dengan semakin banyaknya Handset yang berkembang, dan banyaknya pengguna Handphone saat ini. Di negara lain pun seperti china, game mobile pun cukup banyak dan bahkan game mobile online pun cukup ramai disana. Mungkin saja ini merupakan sebuah evolusi dari game social bahwa potensi di dunia mobile pun sangat besar. Tapi jika dilihat di negara jepang, Ekosistem mereka sudah terbentuk sehingga social game di mobile, sepertinya dapat berjalan dengan lancar. Mungkin agak sedikit berbeda jika kita lihat seperti negara Indonesia dimana ekosistemnya masih belum begitu terbentuk.
Mungkin saja nanti ada developer game Lokal yang membuat sebuah game sosial mobile dengan tema Lokal misalnya, mungkin dengan tema Wayang ataupun dengan tema Hantu lokal.

Sumber

2 comments

  1. persinggahankelabu · March 15, 2012

    Kalo lokalnya ada game Rumah Bintang tuh…udah merambah ke Blackberry juga. http://bit.ly/vVR7se

  2. thestudioindependent · March 15, 2012

    oh ya?
    wah nice klo gitu..😀

Comments are closed.