Era Social Game.. Berakhir?

Oleh: Krishna Wahyu

Saat ini, siapa yang tak kenal dengan Mafia Wars, The Sims Social, Farmville, dan sederetan game berjudul (isi nama game)ville lainnya yang dimainkan oleh jutaan pemain di seluruh dunia?

Social game = Facebook game
Well.. pernyataan tadi mungkin kurang akurat, karena platform social media bukan hanya Facebook saja. Namun, ketika membahas tentang game, gw rasa Facebook masih merupakan platform yang terbesar. Bisa dibilang kalau sekarang adalah era game Facebook.
Sudah banyak developer game yang terjun membuat social game pada platform Facebook. Sebut saja Zynga, Playfish, bahkan perusahaan game yang besar dalam dunia konsol/PC game seperti SquareEnix pun ikut terjun membuat social game di Facebook.

Era game Facebook sudah habis?
Namun, dari sekian banyak game yang ada di Facebook gw melihat kalau banyak sekali kemiripan antara satu game dengan game lainnya. Pendapat yang agak sinis akan mengatakan kalau game-game Facebook semuanya sama saja, hanya beda di tampilan grafis dan tema cerita saja.
Dalam post di blog ini, dibahas cukup detil tentang kondisi game Facebook saat ini. Dan dibahas pula tentang bagaimana para developer mengadaptasi strategi Zynga yang dianggap telah teruji di pasar. Alhasil, game-game yang ada di Facebook sekarang terasa begitu mirip dan memberikan sensasi gameplay yang serupa antara satu dengan yang lainnya.
Dalam post di blog tadi juga dibahas mengenai kompleksnya development social game saat ini, yang membuat para game developer kecil akan mengalami kesulitan untuk bisa bersaing dengan game-game top buatan para pemain besar seperti Zynga atau Playfish.
Dengan begitu banyaknya game yang serupa dan sulitnya developer kecil untuk bersaing di platform Facebook, apakah era social game (di Facebook) sudah menemui titik akhir dan kemudian akan ditinggalkan oleh pemain-pemainnya?

Evolusi di depan mata?
Mungkin opini tadi terdengar suram dan menurunkan semangat calon-calon developer game Facebook. Tapi, tetap terbuka peluang untuk menciptakan ide-ide inovatif untuk game Facebook.
Dalam artikel di gamasutra ini, dibahas tentang peluang yang masih terbuka untuk inovasi-inovasi game Facebook yang lebih fresh.

Well.. Gw sendiri belum punya pengalaman dalam development social game di platform Facebook. Tapi, sebagai pemain game-game Facebook gw merasa opini tentang miripnya game-game Facebook yang ada sekarang memang masuk akal. Dan hal itu bisa menimbulkan kejenuhan bagi para pemain game Facebook.
Namun, bukankah dunia game development merupakan dunia kreatif yang penuh dengan ide inovatif dan segar?
Mungkin sekarang saatnya kita sebagai developer game menembus pasar social game (Facebook) lewat game-game baru dengan game mechanic yang lebih fresh dan mungkin bisa juga kita selipkan nuansa budaya lokal di dalamnya.
Asal jangan hanya sekedar menyelipkan di sisi kulit luarnya, seperti ide game Pocongville misalnya. (^^,)

That’s all.. Happy making game for you all..! (O-O,)