Event Report : Depok Mobi Meet Up ke Dua

Pada akhir bulan November kemaren, telah diadakan Meet Up oleh komunitas Mobile di Depok. Ya Depok Mobi sebutannya. Di artikel sebelumnya sudah sedikit disinggun bahwa Komunitas Depok Mobi ini akan mengadakan Meet Up yang kali kedua di Depok.

Sedikit Report mengenai event Depok Mobi yang kedua ini. Sebelumnya telah dibahas mengenai event Depok Mobi yang kedua kalinya yang diadakan di Buku kafe. Nah kali ini kebetulan di event yang kedua ini Studio Independent mendapatkan kesempatan untuk presentasi.
Apa yang dibahas oleh Studio Independent?
Kebetulan yang dibahas adalah mengenai produk dari Studio Independent seperti game yang sudah dikembangkan oleh Studio Independent, dari Game Desktop Sampai Game Mobile.

Studio Independent

Selain itu presentasi yang diberikan tidak hanya dari Studio Independent saja, tapi ada dari Choco Art Studio Game dari Ristek Fasilkom UI, mereka fokus ke dalam pembuatan game mobile seperti Android dan iOS.

Choco Art

Di Event yang kedua ini cukup banyak peserta yang antusias, hal ini ditandai dengan tempat yang melebihi quota. Selain itu banyak juga peserta dari mahasiswa yang datang ke acara ini, ini membuktikan para mahasiswa di depok tertarik dengan pengembangan aplikasi mobile.

Acara diisi juga dengan sesi Sharing dari para pembicara, seperti Hiro Wardana (Deputy GM VAS & Customer’s Experience di PT Hutchison CP Telecommunications), Abul Almaujudy (Co-Founder di Better-B) dan Deddy Avianto yang merupakan founder dari IDBerry.com.

Topik yang dibahas pun cukup banyak menyinggung mengenai strategi bisnis, seperti monetizing aplikasi mobile dengan cara memasang ads, freemium, ataupun yang lainnya. Hiro Wardana menjelaskan ada 80 juta pengguna Handphone di Indonesia, seandainya saja kita bisa meraih 1% saja dari 80 juta pengguna di Indonesia, sudah bisa kita bayangkan jika kita menjual aplikasi kita seharga 3000 rupiah ataupun 1000 rupiah, berapa yang akan kita hasilkan? (800.000 x 3000)? cukup menggiurkan bukan. Tetapi tetap saja menurut penulis untuk meraih target pasar yang kita inginkan tergantung dari seberapa kreatif kita dalam membungkus aplikasi kita sehingga dapat tepat sasaran ke pengguna aplikasi mobile.

Penulis sendiri mengakui bahwa banyak sekali ilmu – ilmu yang dapat menambah wawasan dari event ini. Bahkan penulis ingin bisa menerapkan ilmu yang sudah di berikan oleh para pembicara.😀

Depok Mobi sepertinya akan rutin mengadakan Meet Up, berharap di event selanjutnya dapat menampilkan orang – orang hebat seperti Meet Up kedua ini.
Semoga dengan adanya event ini, Kota Depok bisa memberikan suatu kontribusi di bidang Teknologi Informasi dan tidak kalah dengan kota – kota lainnya di Indonesia.