The Best Indie Game Ever..?

Oleh: Krishna.W

Hi all.. Sudah lama juga gw tidak posting ke blog studioindependent. Banyak kegiatan gw selama bulan-bulan terakhir, tapi belum sempat gw share di sini.
Baru-baru ini gw mendapatkan beberapa pengalaman menarik dalam dunia game development di Indonesia. Seperti bertemu dengan sang bapak dari Lara Croft, Ian Livingstone. Dan gw juga berkesempatan untuk datang ke event Indonesia Bermain, suatu event yang menjadi tempat berkumpulnya para game developer di Indonesia.
Tapi pengalaman-pengalaman tadi akan gw ceritakan pada posting gw yang lain, karena kali ini gw ingin berbagi cerita tentang JForceGames, game developer yang bermimpi untuk membuat game-indie terbaik sepanjang sejarah!
T: koq malah menulis tentang game developer dari luar negeri?
J: karena gw merasa kalau kiprah JForceGames ini bisa menjadi bahan pelajaran tentang game development.

Avatar Showdown

Siapa sih JForceGames?

Awal gw mengetahui tentang mereka adalah ketika gw membaca salah satu artikel di joystiq yang menceritakan tentang strategi yang mereka lakukan dalam mewujudkan mimpi mereka untuk menciptakan game-indie terbaik sepanjang sejarah.
JForceGames adalah sekumpulan game maker yang sedang dalam proses pembuatan game berjudul Unstoppable.
Bagi yang penasaran ingin melihat seperti apa gamenya, kalian bisa melihat trailernya di artikel joystiq yang gw sebut tadi.

Apa sih yang dilakukan JForceGames?

Untuk mendanai proyek pembuatan game Unstoppable itu, JForceGames merilis satu game berjudul Avatar Massage Online. Mereka merilis game tersebut dengan satu tujuan yang jelas, yaitu mendatangkan uang.
Well, kesan awalnya terdengar sangat materialistis ya? Tapi gw cukup setuju dengan komentar penulis artikel joystiq, cara yang menyenangkan untuk mendanai suatu proyek game adalah dengan membuat game yang mendatangkan uang bukan? (^^,)

Dan strategi yang dilakukan JForceGames cukup membuahkan hasil, karena Avatar Massage Online dibeli oleh 16.000 orang. Selain mencari dana melalui game itu, JForceGames juga meminta bantuan Kickstarter. JForceGames juga sedang dalam proses pembuatan beberapa game “pendulang uang” lain untuk mendanai proyek game Unstoppable ini.

Kesimpulan

Well, jadi apa yang gw dapat setelah membaca tentang kiprah JForceGames tadi? Ada beberapa hal, seperti:
+ Tidak perlu merasa malu atau takut untuk bermimpi menciptakan game yang besar.
+ Ada banyak jalan untuk mewujudkan impian.
+ Jangan menyerah apabila menemui hambatan. (Dan kekurangan dana bukanlah hambatan yang tidak memiliki penyelesaian (^^,) )

Waah.. Terdengar klise ya? Tapi JForceGames membuktikan dengan tindakan dan bukan hanya dengan ungkapan klise belaka.

Semoga posting singkat gw ini bisa memberi semangat para game developer untuk terus berkarya dalam menciptakan game-game yang menyenangkan. (Dan bisa mendulang uang (^^,) )

Gw akan tutup postingan ini dengan beberapa komentar dari dua orang anggota JForceGames,
+ Ty Dauster:
– “If your game fails, it’s because you failed.”
– “Stop scapegoating and take responsibility.”

+ Jeremy Eden:
– “Indies need to stop limiting themselves with their self-imposed standards.”
– “Make some little games that people actually want. Freakin’ make money.”

Have fun making game, see u all in another post! (O-O,)