Zynga, the Empire of Social Network Game

Oleh: Krishna.W

Hi all.. Long time no see.. (^^,)
Kali ini gw akan membahas tentang salah satu game developer terkenal, Zynga yang saat ini menjadi “kekaisaran” game di platform social media Facebook.

Siapa sih Zynga?

Well, mungkin kata “siapa” agak kurang tepat ya.. (^^,)
Karena Zynga adalah nama dari sebuah perusahaan developer game yang didirikan pada Januari 2007 oleh Mark Pincus, Scott Sale, dan Kyle Stewart. Zynga membuat game-game yang dimainkan pada platform social media seperti Facebook, MySpace dan juga pada platform mobile seperti IPhone. Menurut laporan, pada Juni 2011 tercatat game-game buatan Zynga telah dimainkan oleh lebih dari 270 juta pemain aktif.

Apa sih resepnya Zynga?

Kepopuleran game-game buatan Zynga itu menimbulkan pertanyaan buat gw, karena sebetulnya banyak juga game-game yang dibuat oleh developer game lain yang ada di platform Facebook. Apa sih sebetulnya yang membuat game-game buatan Zynga menjadi begitu populer dan membuat Zynga bisa menjadi “kekaisaran” game di Facebook?

Setelah bertanya ke paman Google, berdiskusi dan mencoba sendiri memainkan beberapa game buatan Zynga (^^,)..
Gw menemukan beberapa hal yang gw pikir merupakan resep keberhasilan game-game Zynga hingga menjadi “kekaisaran” di dalam platform Facebook, seperti:

1. Gameplay.
Zynga menciptakan game-game casual yang ditujukan bagi para pengguna Facebook. Game-game buatan Zynga didesain untuk dapat dimainkan dalam waktu beberapa menit saja namun menciptakan efek adiktif bagi para pemainnya untuk melanjutkan bermain di saat yang lain.
Contohnya game Café World, dalam game itu pemain bermain sebagai seseorang yang mengelola bisnis kafe. Pemain harus menyediakan masakan bagi para tamu-tamu virtual yang mengunjungi kafenya tersebut. Untuk menyiapkan masakan yang akan disajikan dibutuhkan waktu yang bervariasi tergantung dari tipe masakan yang akan dibuat. Mulai dari hitungan menit, sampai dengan 1 atau 2 hari.
Ini membuat si pemain akan kembali melanjutkan permainannya di waktu yang lain untuk memeriksa apakah masakan yang dibuatnya sudah siap disajikan atau belum. Hal ini akan menciptakan efek adiktif bagi si pemain yang membuat dia ingin terus memainkan game tersebut.

2. Interaksi online antar pemain.
Game buatan Zynga juga didesain dengan fokus pada pemanfaatan fitur sosial pertemanan yang dimiliki oleh platform Facebook.
Kita ambil contoh lagi dari game Café World, di situ pemain bisa mengundang teman-teman Facebook-nya untuk ikut serta bermain. Seorang pemain bisa mengunjungi kafe milik temannya untuk membantu mengelola kafe milik temannya itu.
Pola interaksi yang serupa juga digunakan di game Zynga yang lain seperti Farmville. Di game itu, para pemain bisa saling membantu untuk mengelola lahan pertanian masing-masing.
Zynga juga melakukan inovasi dalam pola interaksi antar pemain. Ini bisa dilihat dalam game terbaru Zynga, Empire & Allies. Dalam game itu, pemain bermain sebagai seorang penguasa yang mengelola suatu wilayah kekuasaan. Pemain bisa saling membantu satu sama lain, namun pemain juga mempunyai pilihan untuk menginvasi wilayah milik pemain lain.
Menurut gw, interaksi antar pemain secara online ini juga menjadi suatu sarana untuk mempromosikan game-game Zynga kepada para pengguna Facebook.

3. Facebook.
Menurut gw, game buatan Zynga didesain dengan mempertimbangkan perilaku pengguna Facebook dan platform Facebook itu sendiri. Dengan semakin bertambahnya pengguna Facebook, maka semakin besar pula kesempatan bagi Zynga untuk menjaring para pemain-pemain baru. Walaupun saat ini Zynga mulai merambah pasar baru dengan membuat game untuk platform mobile, namun pengguna Facebook masih tetap menjadi target pasar utama dari Zynga.

Kesimpulan

Well.. dari pengamatan gw tentang Zynga, beberapa hal yang gw tulis di atas merupakan unsur-unsur yang membuat Zynga merintis jalannya dari developer game untuk platform Facebook hingga sekarang menjadi suatu “kekaisaran” game di platform Facebook.

Walaupun begitu, Zynga juga tidak lepas dari beberapa kritik yang dialamatkan pada game-game buatannya. Salah satunya adalah kritik tentang orisinalitas, beberapa game buatan Zynga dianggap mencontek ide game buatan developer game lain. Contohnya adalah game Café World yang dianggap meniru ide game Restaurant City buatan Playfish. Lalu game Mafia Wars yang dianggap mengkopi aspek-aspek inti dari game Mob Wars buatan Psycho Monkey. Kemudian game FarmVille yang dianggap sangat mirip dengan game Farm Town.
Developer-developer game kompetitor Zynga pun akhirnya merespon dengan menciptakan game-game yang mirip dengan game buatan Zynga. Misalnya, Playfish yang membuat game Poker Rivals untuk menyaingi Zynga Poker. Lalu Playfish juga membuat game Gangster City, yang mirip dengan Mafia Wars.

Kritik lain tentang game-game buatan Zynga adalah, game-game tersebut tidak memiliki inovasi dari aspek game mechanic-nya. Zynga hanya mengganti tema, setting dan premis cerita gamenya saja. Contohnya adalah game FarmVille , FrontierVille dan CityVille. Game-game itu memiliki game mechanic yang serupa satu dengan lainnya.

Penutup

Saat menulis postingan tentang Zynga ini, gw mempelajari aspek-aspek yang bisa digunakan untuk membuat game pada platform social media khususnya di Facebook. Sebagai developer, gw rasa perlu untuk mempelajari perilaku target player yang akan kita bidik yaitu user Facebook agar kita bisa mendesain game yang sesuai. Dan developer juga bisa memasukkan unsur sosial pertemanan dalam game design yang akan dibuat, baik itu dalam bentuk saling membantu seperti dalam game Café World atau dalam bentuk saling bersaing seperti dalam game Empire & Allies.
Walaupun gw rasa, implementasi unsur sosial pertemanan tidak harus dalam pola seperti itu namun Zynga memberi contoh kalau pemanfaatan unsur sosial tersebut secara tepat bisa menjadi cara untuk menjaring jumlah player yang ada di Facebook untuk bermain.

Satu hal lagi yang gw pelajari adalah, developer harus menggali lagi kreativitas untuk menciptakan game mechanic yang lebih fresh. Memang tidak ada game mechanic yang benar-benar 100% orisinil namun developer bisa mencoba untuk bereksperimen dengan ide-ide variasi untuk game mechanic yang sudah ada. Misalnya seperti game Angry Birds yang sudah pernah gw bahas di postingan sebelumnya.

Well, sekian dulu postingan gw tentang Zynga ini. Semoga apa yang gw bahas disini bisa membantu teman-teman developer game yang lain..

Have fun making games.. See you all in another post.. (O-O,)

Posted with WordPress for BlackBerry.

2 comments

  1. indrapermanahadi · July 30, 2011

    Nice info. lanjut terus artikel nya gan..

    bantu sundul..

  2. thestudioindependent · July 31, 2011

    wah ini dia sang pendiri..
    sip thx pe..

Comments are closed.