Tools untuk BlackBerry Development, JDE atau Eclipse..? Part 1

Oleh: Krishna.W

Hi all… Di postingan kali ini gw kembali akan membahas tentang development di platform BlackBerry. Kalau di  postingan sebelumnya gw langsung membahas tentang coding game Pong di BlackBerry, maka di seri postingan ini gw akan membahas tentang development tools yang bisa digunakan dalam pembuatan game di BlackBerry.

Untuk pemrograman Java di BlackBerry, ada dua pilihan development tools yang bisa dipilih oleh developer. Yang pertama adalah BlackBerry JDE yang merupakan IDE buatan RIM. Dan yang kedua adalah dengan menggunakan plugin JDE untuk Eclipse yang juga disediakan oleh RIM. Kebetulan gw pernah mencoba kedua development tools tersebut, jadi di seri postingan kali ini gw mencoba untuk membahas kedua-duanya dan nantinya silahkan kalian memilih sendiri mana development tools yang paling sesuai dengan kebutuhan.. (^^,)

Oiya.. sebelum mendownload development tools yang akan kita gunakan, kita harus instal terlebih dulu Java JDK ke komputer yang akan kita gunakan untuk men-develop aplikasi BlackBerry.

Apa sih BlackBerry JDE itu?

Pertama, gw akan membahas tentang BlackBerry JDE terlebih dulu. BlackBerry JDE adalah suatu IDE yang disediakan oleh RIM untuk membuat aplikasi berbasis J2ME pada platform BlackBerry. Dengan menggunakan BlackBerry JDE, developer dapat men-develop, melakukan debugging dan menguji aplikasi yang dibuatnya dengan menggunakan simulator yang tersedia.

Pada saat menulis postingan ini, BlackBerry JDE dapat didownload disini. Di situ, kita dapat memilih versi JDE yang akan digunakan untuk men-develop aplikasi yang akan kita buat. JDE yang kita pilih tergantung dari versi OS yang menjadi target aplikasi yang akan kita buat. Pada umumnya, BlackBerry yang beredar sekarang sudah terinstal versi OS 5. Namun, masih ada beberapa tipe BlackBerry yang masih menggunakan versi OS 4.

Oiya, RIM membuat device yang bersifat forward compatible, jadi apabila kita meng-compile aplikasi dengan menggunakan OS 4.2, maka aplikasi tersebut juga bisa berjalan pada device yang terinstal OS 4.3 ke atas. Namun, ada sedikit hal yang harus diperhatikan apabila kita juga mentargetkan aplikasi tersebut untuk tipe BlackBerry Storm. Tipe Storm menggunakan OS 4.7, dan merupakan tipe BlackBerry pertama yang dilengkapi dengan fitur touch screen. Aplikasi yang di-compile dengan menggunakan OS di bawah OS 4.7 akan dijalankan dengan menggunakan Compatibilty Mode pada tipe Storm.

Well, jadi kalau kita ingin membuat aplikasi dengan target tipe-tipe BlackBerry yang banyak beredar di pasaran sekarang, maka lebih baik kita memilih BlackBerry JDE versi 5. Sehingga aplikasi yang kita buat bisa dijalankan di tipe BlackBerry dengan fitur QWERTY maupun BlackBerry dengan fitur touch screen.

Setelah mendownload versi BlackBerry JDE yang akan kita gunakan, maka kita tinggal menginstal software tersebut ke komputer. Kemudian kita bisa menjalankan BlackBerry JDE dari Start Menu. Tampilan BlackBerry pada saat dijalankan adalah seperti berikut,

jde

Fitur-fitur pada BlackBerry JDE

BlackBerry JDE memiliki fitur-fitur yang umumnya ada pada IDE-IDE lain, antara lain:

+ Code completion.

+ Debug Window, dimana kita bisa melihat output dari aplikasi pada saat proses debugging.

+ Files Hierarchy Window, dimana kita bisa melihat file-file yang kita gunakan saat proses development.

dan beberapa fitur lain yang bisa kalian coba sendiri pada saat mencoba BlackBerry JDE ini.. (^^,)

“Hello World” dengan BlackBerry JDE

Well.. kelihatannya kurang lengkap kalo gw membahas tentang development tools tanpa mencoba sedikit coding dengan menggunakan development tools tersebut.. (^^,)

Untuk eksperimen kali ini, gw akan membuat aplikasi simple Hello World menggunakan BlackBerry JDE. Pertama-tama, kita buat dulu workspace yang akan kita gunakan untuk development. Pilih menu File, New Workspace untuk membuat workspace yang baru. Tampilan yang muncul adalah seperti berikut,

new_worskpace

Kemudian kita isi Workspace Name dengan HelloWorld, dan untuk direktori tempat workspace ini bisa kalian pilih sesuai keinginan masing-masing (^^,)

Setelah membuat workspace, maka kita perlu membuat project untuk HelloWorld yang akan kita buat. Caranya adalah dengan klik kanan pada HelloWorld.jdw di jendela Files yang ada di sebelah kiri. Kemudian pilih Create new Project in HelloWorld.jdw, kemudian akan muncul tampilan seperti berikut,

new_project

Kita isi Project Name dengan HelloWorld dan untuk direktori tempat project ini kita pilih direktori yang sama dengan tempat workspace yang tadi sudah kita buat sebelumnya.

Oke, setelah kita menyiapkan workspace dan project untuk aplikasi HelloWorld yang akan kita buat, maka sekarang kita akan menulis source code-nya. Caranya adalah dengan klik kanan pada HelloWorld.jdp yang ada jendela Files yang ada di sebelah kiri, lalu kita pilih Create new File in Project  Kemudian akan muncul tampilan seperti berikut,

new_file

Pada kotak Source file name kita isi nama dari class yang akan kita buat, gw membuat class dengan nama HelloApp, kemudian kita tambahkan \src pada kotak Create source file in this directory. Folder scr ini akan menjadi package untuk source code yang akan kita buat. Oiya, kita tidak perlu menambahkan ekstensi .java pada saat mengisi kotak Source file name karena BlackBerry JDE akan menambahkannya secara otomatis. Setelah kita klik OK maka akan muncul tampilan seperti berikut,

helloApp

Setelah itu, kita modifikasi file HelloApp.java tersebut menjadi seperti berikut,

/*
 * HelloApp.java
 *
 * © <your company here>, 2003-2008
 * Confidential and proprietary.
 */

package src;

import net.rim.device.api.ui.UiApplication;

/**
 *
 */
class HelloApp extends UiApplication {

    private HelloScreen scrHello;

    HelloApp() {
        scrHello = new HelloScreen();
        pushScreen(scrHello);
    }

    public static void main(String[] args) {
        HelloApp app = new HelloApp();
        app.enterEventDispatcher();
    }
}

Oiya.. pada source-code di atas gw membuat referensi ke class HelloScreen yang belum ada di workspace HelloWorld. Apabila aplikasi ini kita tes di simulator maka akan muncul error. Sekarang kita buat class HelloScreen dengan cara yang sama seperti ketika kita membuat class HelloApp.java. Setelah kita membuat class HelloScreen maka akan muncul tampilan seperti berikut,

helloScreen

Pada class HelloScreen tersebut kita tambahkan source-code seperti berikut,

/*
 * HelloScreen.java
 *
 * © <your company here>, 2003-2008
 * Confidential and proprietary.
 */

package src ;

import net.rim.device.api.ui.container.MainScreen;
import net.rim.device.api.ui.component.LabelField;

/**
 *
 */
class HelloScreen extends MainScreen {

    HelloScreen() {
        LabelField lbl = new LabelField("Hello World, BlackBerry JDE");
        add(lbl);
    }
}

Oke, setelah kita membuat dua class tersebut maka kita bisa menguji aplikasi HelloWorld ini pada simulator dengan memilih Debug, Go. Atau dengan menekan shortcut F5. Aplikasi HelloWorld yang kita buat ada pada folder Downloads, apabila kita jalankan di simulator maka akan muncul tampilan seperti berikut,

simulator

Penutup

Oke.. setelah mencoba menggunakan BlackBerry JDE untuk membuat aplikasi simple HelloWorld, bisa dikatakan kalau IDE buatan RIM ini cukup mudah digunakan untuk men-develop aplikasi BlackBerry. Karena untuk menggunakan IDE ini, developer hanya perlu mendownload versi BlackBerry JDE yang akan digunakan dan untuk menginstalnya ke dalam komputer, kita hanya tinggal meng-klik file instalasinya saja. Proses coding dengan menggunakan BlackBerry JDE ini juga bisa dikatakan cukup intuitif karena BlackBerry JDE sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang ada pada kebanyakan IDE lain yang ada sekarang ini.

Well.. sekian dulu part 1 dari pembahasan tentang development tools yang bisa digunakan untuk development di platform BlackBerry ini. Apabila kalian ingin bereksperimen atau mencari informasi yang lebih lengkap di tentang BlackBerry JDE ini, kalian bisa mencarinya di situs developer BlackBerry. Pada part 2 dari seri postingan ini, gw akan melanjutkan dengan membahas tentang plugin JDE untuk Eclipse.

Happy coding for you all.. See you in the next post.. (0-0,)