Shigeru Miyamoto, Sang ‘Godfather Game’ dari Nintendo

Oleh: Krishna.W

Hi all… Kali ini, gw kembali membahas tentang seorang kreator legendaris. Di postingan sebelumnya gw telah membahas tentang seorang programmer legendaris, gw juga telah membahas tentang seorang game designer legendaris. Di postingan ini, gw akan membahas tentang seorang kreator yang menjadi bapak dari karakter-karakter yang menjadi ikon dalam dunia game, seperti Donkey Kong, Mario Bros, dan Legend of Zelda.

Siapakah dibalik terciptanya karakter-karakter itu?

Sang kreator di balik terciptanya karakter-karakter tersebut adalah Shigeru Miyamoto. Beliau adalah seorang game designer berkebangsaan Jepang yang bekerja di Nintendo sejak tahun 1979.

Pada masa awal karirnya di Nintendo, perusahaan tersebut mengalami kesulitan untuk menembus pasar game di Amerika Utara. Miyamoto pun ditugaskan untuk menciptakan game yang mampu bersaing di pasar game Amerika Utara. Setelah memikirkan beberapa ide dan konsep, Miyamoto mendapat ide game tentang cinta segitiga antara gorila, tukang kayu dan seorang gadis. Inspirasi itu diperoleh Miyamoto dari kisah rivalitas antara Bluto dengan Popeye yang memperebutkan Olive Oyl. Miyamoto juga menyebutkan kisah Beauty and the Beast dan film King Kong sebagai sumber inspirasi untuk ide game itu.

Miyamoto kemudian mendiskusikan ide game itu dengan tim programmer Nintendo. Setelah mendapat masukan teknis dari para programmer, akhirnya terciptalah game Donkey Kong melegenda. Proses pembuatan Donkey Kong ini juga menjadi pionir dalam proses development game, dimana cerita dalam gamenya dibuat terlebih dulu sebelum perancangan aspek gameplay ataupun aspek teknisnya.

Game Donkey Kong ini pun mencetak sukses yang luar biasa di Amerika, sehingga Miyamoto pun kembali ditugaskan untuk membuat sekuelnya Donkey Kong Jr dan Donkey Kong 3. Berangkat dari kesuksesan dari game Donkey Kong itu, Miyamoto pun membuat game-game lain untuk Nintendo seperti Excitebike dan Devil World.

Another legend has emerge..

Game selanjutnya yang dibuat oleh Miyamoto, berangkat dari karakter Jumpman yang ada di game Donkey Kong. Karakter itu dimodifikasi dan diberi nama Mario, Miyamoto juga menambahkan karakter Luigi yang menjadi saudara dari Mario. Game ini diberi judul Mario Bros.
Game Mario Bros ini pun kemudian mencetak sukses yang luar biasa dan sampai saat ini telah dirilis untuk berbagai macam platform.

Lahirnya Zelda

Setelah membuat Mario Bros, Miyamoto membuat game Mario lain yang diberi judul Super Mario Bros. Dan Miyamoto pun mulai membuat game baru yang diberi judul The Legend of Zelda. Dalam game ini Miyamoto melanjutkan pola pengembangan game design dari Mario yang lebih memfokuskan pada gameplay dan bukan pada pencapaian highscore.

Miyamoto pun mencoba arah baru dalam pengembangan gameplay Zelda, dengan menggunakan gameplay yang nonlinear yang membuat pemain harus memikirkan jalan yang akan mereka ambil dengan cara memecahkan teka-teki terlebih dulu. Inspirasi dalam pembuatan dunia dalam game Zelda ini diperoleh Miyamoto dari pengalaman eksplorasi daerah hutan dan gua di masa kecilnya.

Alam inspirasi Miyamoto

Salah satu hal yang menurut gw menakjubkan di balik terciptanya para karakter game legendaris itu adalah sumber munculnya inspirasi bagi Miyamoto. Sebagai seorang game designer generasi pertama, Miyamoto bukanlah seseorang yang tumbuh di era video game dimana seseorang bisa mencari inspirasi dari game yang dimainkannya. Miyamoto menggali sumber inspirasinya dari pengalaman di masa kecilnya, dan dari hal-hal lain di luar game misalnya dari film dan manga.

Salah satu pengalaman masa kecilnya yang dituangkan ke dalam game adalah saat Miyamoto bermain ke hutan di dekat rumahnya, dan menemukan sebuah danau disana. Pengalaman ekspedisi itu begitu membekas dan kemudian dituangkan oleh Miyamoto ke dalam game Zelda.

Penutup

Sampai saat ini, Miyamoto masih bekerja di Nintendo dan turut serta dalam pengembangan konsol-konsol yang dibuat oleh Nintendo. Karya-karya ciptaannya telah menjadi legenda dalam dunia game dan menjadi sumber inspirasi bagi para generasi penerusnya.

Setelah menulis postingan ini gw belajar dari pengalaman Miyamoto kalau inspirasi membuat game itu tidak hanya bisa didapat dari game semata, melainkan bisa juga diperoleh dari pengalaman yang kita alami dalam kehidupan kita. Entah itu dari pengalaman yang langsung kita alami, atau yang kita peroleh dari buku, majalah, film, komik.

Well, semoga postingan singkat gw tentang Shigeru Miyamoto ini juga bisa memberikan inspirasi dan semangat untuk menciptakan karya-karya game yang menarik dan fun. Postingan ini akan gw tutup dengan dengan beberapa kutipan dari Shigeru Miyamoto.. See you all in another post (^^,)

+ A delayed game is eventually good, a bad game is bad forever.
+ The money which I earn is mainly dedicated to video games and I am very content.
+ Video Games are bad for you? That’s what they said about Rock ‘N Roll.
+ We’ve just finished that, but we can make it better!

Posted with WordPress for BlackBerry.