Toru Iwatani, creator of Pac-Man

Oleh: Krishna.W

Hi,all… Di postingan kali ini, gw kembali akan membahas tentang seseorang yang berada di balik terciptanya game legendaris. Kalau sebelumnya gw pernah membahas tentang seorang programmer legendaris, kali ini gw akan membahas tentang seorang game designer yang bernama Toru Iwatani

.

Siapa sih Toru Iwatani?

Siapa yang tak kenal dengan game Pac-Man?

Game Pac-Man adalah salah satu game casual legendaris yang sangat populer. Bahkan Google saja merayakan 30 tahun kelahiran Pac-Man dengan menciptakan Google doodle yang bisa dimainkan di homepage Google pada hari itu.

Tapi mungkin tidak banyak yang tahu siapa orang yang berada di balik terciptanya game Pac-Man yang legendaris itu.

Game Pac-Man diciptakan oleh Toru Iwatani, seorang game designer berkebangsaan Jepang yang bergabung dengan Namco pada tahun 1977. Sekitar tahun 1978, Toru Iwatani mendapat ide tentang game Puck-Man, yang nantinya akan lebih dikenal dunia dengan nama Pac-Man.

Lahirnya Puck-Man

Munculnya ide game Puck-Man ini berawal dari keinginan Iwatani untuk membuat game dengan tema yang lebih cerah dan fun untuk dimainkan oleh semua kalangan.

Pada masa itu, game-game yang beredar di pasaran kebanyakan ditujukan untuk audiens anak-anak dan remaja lelaki. Iwatani ingin membuat game yang bisa dimainkan oleh kalangan umum terutama wanita.

Maka Iwatani memutuskan untuk membuat konsep game yang didasarkan pada kegiatan memakan sesuatu. Iwatani merasa apabila konsep tentang makanan itu dtuangkan ke dalam bentuk game maka para gadis dan wanita juga bisa tertarik untuk bermain game.

Menurut sejarah, momen eureka bagi Iwatani untuk game Puck-Man adalah ketika Iwatani mengambil sepotong pizza. Iwatani mendapat inspirasi tentang tampilan visual karakter yang menarik untuk dijadikan karakter game. Iwatani kemudian mulai merancang karakter berdasarkan inspirasinya itu. Setelah merasa puas dengan desain visual karakternya, Iwatani mulai mencari ide untuk gameplay berdasarkan karakter yang telah dibuatnya itu. Iwatani kemudian merancang ide gameplay dari konsep kegiatan memakan sesuatu. Lalu game itu diberi judul Puck-Man yang diambil dari istilah slang di Jepang, paku paku yang menggambarkan gerakan mulut seseorang pada saat makan.

Kemudian bersama rekannya, programmer yang bernama Shigeo Funaki dan Toshio Kai yang menangani sound fx dan musik serta beberapa orang lainnya dari Namco, Iwatani membuat game Puck-Man tersebut.

Game Puck-Man ini dirilis di Jepang pada tanggal 22 Mei tahun 1980. Respon dari publik ternyata sangat positif, banyak orang yang menggemari game Puck-Man ini. Hal ini mendapat perhatian dari perusahaan manufaktur game Midway. Midway kemudian merilis game Puck-Man ini di Amerika, setelah mengubah nama gamenya menjadi Pac-Man. Game Pac-Man ini juga menjadi game yang sukses dan sangat terkenal di Amerika, sampai akhirnya menjadi satu game yang legendaris.

Pasca Pac-Man

Setelah kesuksesan game Pac-Man yang dibuatnya, Iwatani membuat beberapa game lainnya untuk Namco seperti Libble Rabble, Ridge Racer dan Time Crisis.

Sejak tahun 2005, Iwatani mengajarkan tentang Character Design Study di Osaka Art University sebagai dosen tamu. Dan pada tahun 2007 Iwatani pensiun dari Namco untuk mengajar di Tokyo Polytechnic University.

Pada tahun 2010 Iwatani menerima sertifikat penghargaan dari Guinness World of Records atas game Pac-Man ciptaannya itu.

Penutup

Well.. Setelah gw menulis posting tentang Toru Iwatani ini gw mendapat pelajaran tentang makna dari ide dalam pembuatan sebuah game.

Dari inspirasi yang diperoleh saat makan pizza, Toru Iwatani berhasil menciptakan suatu karakter game yang kemudian menjadi legenda. Hal itu menjadi pelajaran untuk gw, bahwa ide itu bisa datang kapan saja dan dimana saja. Namun, apakah ide itu akan berkembang atau tidak, semuanya tergantung dari diri kita sendiri (^^,)

Pelajaran lain yang gw dapat adalah, dalam membuat game, kita tidak harus selalu membuat game dengan mengikuti selera pasar. Iwatani membuktikan hal itu, bahwa dengan menciptakan ide dan tema yang fresh serta kualitas game yang baik maka pasar pun akan merespons dengan baik.

Oke.. Cukup sekian postingan gw kali ini. Semoga sharing gw ini juga bisa memberi inspirasi untuk developer-developer game yang lain (^^,)

Have fun making game for you all.. See you in another post.. (0-0,)

Posted with WordPress for BlackBerry.