Project Management

Project Management

Penulis : Javax

Topik untuk hari ini adalah tentang Project Management.

Apa sih Project Management itu?
Baik,sedikit penjelasan mengenai project management berdasarkan tante wikipedia, Project Management adalah suatu disiplin mengenai perancangan, mengorganisir, dan mengelola sumber daya untuk dapat mewujudkan tujuan agar berhasil dalam mengerjakan proyek dan sesuai dengan tujuan.

Jika kita bekerja sebagai team terutama dalam project game development, kendala yang terbesar adalah bagaimana mengatur project itu supaya bisa berjalan dengan lancar dan tepat waktu. kenapa? karena semakin besar jumlah anggota tim anda maka akan semakin sulit anda mengatur project untuk tim anda agar dapat berjalan sesuai dengan semestinya.

Berdasarkan pengalaman penulis, saat pertama kali bekerja dalam team ternyata cukup banyak mengalami kendala, ya sebetulnya itu adalah suatu hal yang wajar, oleh karena itu dibutuhkan lah suatu ilmu untuk dapat mengatur agar project yang dikerjakan dapat diselesaikan waktunya.
Berdasarakan pengalaman kemaren dalam bekerja dalam team,kendala utama adalah pembagian kerja untuk setiap anggota dalam 1 project yang sama. contohnya, A adalah seorang programmer dan B juga seorang programmer, saat mereka mengerjakan project yang sama,maka mereka harus membagi tugas, nah hal yang tersulit adalah bagaimana pembagian tugas ini dapat se efisien dan se efektif mungkin untuk tiap anggota, terutama si A dan si B. Saat bekerja dalam team,kita akan banyak menemui kendala, dikarenakan project yang sama dikerjakan oleh banyak kepala. bisa saja kan si A mengerjakan 1 modul yang sama dengan si B, dan sudah pasti ini hanya membuang – buang waktu dikarenakan project yang dikerjakan tidak terstruktur.

nah sekarang kita lihat Project Management, dengan adanya project management kita dapat membuat project kita lebih terstruktur dan terarah, kenapa? karena kita akan membuat project kita lebih terstruktur.

Ada beberapa pendekatan untuk mengelola project yaitu agile, interactive, incremental, phased approaches (pendekatan bertahap).

Sebetulnya terlepas dari metodologi yang digunakan, pertimbangan cermat harus diberikan ke seluruh tujuan project, baik waktu, biaya, maupun peran serta setiap anggota.

Dibawah ini merupakan pendekatan tradisional yaitu

  1. Project initiation stage (Proyek tahap inisialisasi)
  2. Project planning and design stage
  3. Project execution and construction stage
  4. Project monitoring and controlling systems
  5. Project completion.

di tahap inisialisasi, biasanya disini merupakan proses awal dimana proses mencari konsep dan garis besarnya. ketika konsep sudah matang, maka dilanjutkan ke tahap planning dan design stage.
di tahap planning dan design stage,disini mulai melakukan perencanaan terhadap tugas yang diperlukan, dan juga melakukan pembagian tugas – tugas sesuai dengan tugas masing masing. Setelah melakukan pembagian tugas maka dilakukan lah tahap desain dimana agar project mempunyai gambaran ketika akan mulai masuk pengerjaan.

Tahap Execution dan constuction, disini lah kita mulai membangun project kita. Jika dalam bidang game development maka disini merupakan tahap coding buat programmer.

Tahap monitoring dan controlling system, tahap ini akan melakukan monitoring terhadap project yang sudah berjalan,apakah project sesuai dengan tujuan dan jalur yang ditentukan atau tidak, sudah terhindar dari bug atau tidak.

Tahap completion, ini merupakan tahap terakhir, yaitu penyelesain. tahap yang sangat penting terutama untuk memastikan bahwa proyek kita sudah sesuai dengan tujuan dan dapat dipasarkan ke public.

Sebetulnya tidak semua project harus masuk ke semua tahap,kadang – kadang dapat melewati beberapa tahap, atau kembali ke tahap – tahap sebelumnya.
Project Management

Gambar diatas merupakan contoh alur dari project management.

Project Management akan sangat membantu dalam penyelesaian project agar bisa selesai dengan tujuan.
Walaupun pada prakteknya penulis tetap menemui kendala, seperti penyelesaian yang belum tepat pada waktunya, namun sebetulnya itu adalah hal yang wajar karena banyak faktor – faktor yang tak terduga.
Walaupun begitu project management sangat membantu penulis agar project yang dikerjakan selalu terarah dan tidak keluar jalur,ini merupakan hal yang penting.
😀

ok mungkin segitu dulu sharing mengenai project management, mudah – mudahan bermanfaat.
dan bagi kalian yang ingin mengerjakan project, dibiasakan menggunakan project management agar project kalian lebih terarah dan tercapai sesuai dengan tujuan. ^_^

Salam Hangat
StudioIndependent

2 comments

  1. nusa mata · May 11, 2011

    mantap om javax,,,kebetulan lagi dapat mata kuliah Project Management jadi bermanfaat lah…hehe

  2. thestudioindependent · May 11, 2011

    ^_^

    btw bantu sebarin ke temen – temen dong..
    siapa tau artikelnya jg berguna buat yang lain..😀

Comments are closed.