Pong, a brief history

Oleh: Krishna.W

Tanya: Eeh..?? Kenapa postingan tentang Pong lagi?
Jawab: Kenapa tidak? Hehehe.. Well, bukan itu sih alasannya ^_^

Kenapa gw bikin postingan tentang Pong lagi, karena saat gw sedang menulis lanjutan dari Pong Droid Series 1, gw jadi penasaran apa sih yang membuat Pong menjadi game yang melegenda? Dan apa yang bisa gw pelajari dari game Pong tentang game development khususnya di bidang programming?

Sejarah awal Pong
Pong yang dirilis oleh Atari pada tahun 1972 adalah game 2D yang mensimulasikan permainan tenis meja. Pong dibuat oleh Allan Alcorn atas permintaan co-founder Atari Nolan Bushnell. Cara memainkan game ini sangat simple, pemain mengontrol paddle untuk memukul bola ke sisi lawan (yang dikontrol oleh komputer). Objektif dari game Pong ini adalah untuk meraih poin yang lebih tinggi dari lawan dengan cara membuat lawan gagal mengembalikan bola yang dipukul ke arahnya.
Alcorn mengatakan bahwa Pong terinspirasi oleh game Table Tennis buatan Magnavox Odyssey yang pernah dimainkan oleh Bushnell. Namun, Alcorn merasa kalau basic gameplay-nya membosankan. Maka dia menambahkan fitur yang menurutnya akan membuat gameplay Pong menjadi lebih menarik. Alcorn memodifikasi paddle yang digunakan untuk bermain menjadi 8 segmen yang tiap segmennya dapat mengubah arah pantulan bola. Contohnya adalah ketika bola mengenai bagian tengah paddle, maka bola akan memantul dengan derajat pantul sebesar 90 derajat terhadap paddle. Sedangkan apabila bola mengenai bagian tepi dari paddle, maka bola akan memantul dengan sudut pantul yang lebih kecil. Fitur lain yang ditambahkan oleh Alcorn adalah membuat kecepatan bola semakin bertambah setiap kali bola memantul dari paddle. Kecepatan bola akan kembali ke kecepatan awal apabila pemain atau komputer gagal mengembalikan bola.

Wow.. Imho, itu merupakan ide yang cemerlang. Alcorn mengembangkan game Pong dengan sedikit mengubah paddle rules dalam game mechanic Table Tennis tanpa mengubah fungsi dari paddle tersebut secara keseluruhan. Namun modifikasi Alcorn tersebut berhasil menambah unsur fun dalam game Pong. Suatu contoh yang bagus untuk game developer zaman sekarang, karena menurut pengamatan gw, modifikasi game yang sekarang ada biasanya hanya menyentuh sisi kosmetik tampilan visual saja namun tidak mengembangkan game mechanic agar gameplaynya lebih menarik. Contoh simplenya: lihat saja game Angry Bird dan clone-clonenya.. Hehe xp

Tambahan lain yang dimasukkan ke dalam Pong adalah sound effect. Hal ini juga membuat Pong menjadi semakin fun untuk dimainkan, karena ada tambahan suara sorak-sorai ketika pemain menang, dan suara mencemooh ketika pemain kalah.

Sekuel Pong
Kesuksesan yang diraih oleh Pong membuat banyak clone-clone Pong yang bermunculan. Ini membuat Bushnell merasa bahwa cara terbaik untuk menandingi clone-clone tersebut adalah dengan menciptakan produk yang lebih baik. Maka muncullah sekuel-sekuel dari Pong, seperti: Pong Doubles, Super Pong, Quadrupong dan Pin-Pong. Sekuel-sekuel tersebut menampilkan visual grafis yang sama dengan Pong yang pertama, yang diperbarui adalah tambahan-tambahan elemen gameplay baru. Misalnya Pong Doubles yang memungkinkan empat orang pemain yang saling bertanding secara berpasangan. Lalu Quadrupong yang memungkinkan empat orang pemain untuk saling bertanding (waah.. Gw belum pernah lihat nih versi Pong yang ini ^_^)

Learning some lessons
Well, setelah pembahasan singkat tentang Pong tadi, gw merasa ada beberapa hal yang bisa dipelajari oleh para game developer saat ini, seperti:
– Game Design & Game Mechanic
Pong memperlihatkan bahwa unsur fun dalam suatu game itu diperoleh dari perancangan game design & game mechanic yang baik. Memang itu tidak terjadi dalam waktu sekejap, ada proses trial & error untuk menemukan game mechanic yang fun. Itu yang dilakukan oleh Alcorn pada Pong, dia memodifikasi game mechanic dalam game Table Tennis dan membuatnya menjadi semakin fun untuk dimainkan.
Pong juga membuktikan bahwa tidak selalu dibutuhkan elemen visual grafis yang memukau untuk membuat suatu game fun untuk dimainkan, selama game tersebut memiliki gameplay yang fun. (Walaupun bila digunakan dengan baik, elemen grafis bisa menambah sensasi fun dalam bermain)

– Game Development
Salah satu nilai lebih dari Pong adalah kesederhanaannya. Pong cukup sederhana untuk dibuat oleh satu orang programmer saja. Dan ada banyak hal yang dipelajari dari membuat game Pong. Misalnya, game loop, artificial intelligence, graphic programming, sound programming, physics programming. Dan satu hal yang paling penting untuk dipelajari dalam development game, yaitu menyelesaikan game yang dibuat sampai bisa dimainkan oleh orang lain. Dengan membuat Pong sampai selesai, kita bisa mempelajari dasar-dasar pemrograman game. Sehingga kita memiliki bekal untuk memperdalam lagi ilmu yang telah kita miliki.

Waah.. Dari game seperti Pong, yang awalnya gw pikir sangat simple & jadul ^_^ ternyata gw bisa mengambil banyak pelajaran berharga tentang game development.

Well, semoga pembahasan singkat gw tentang game Pong ini bisa bermanfaat dan memberi inspirasi untuk para game developer lain.
Have fun in coding ‘n creating game for you all.. =)
See you in another post..

Posted with WordPress for BlackBerry.

3 comments

  1. nusa mata · May 9, 2011

    tutorial game Pong untuk Flashnya donk om,,,heheee

  2. thestudioindependent · May 10, 2011

    Tutorial untuk game pong flash kan sudah pernah dibuat..
    coba cek disini
    https://thestudioindependent.wordpress.com/2010/02/10/tutorial-making-game-pong3d-with-flash-and-sandy3d/

    Tapi nanti coba dibuatin tutorial game pong yang versi sederhananya deh.

  3. Pingback: Angry Birds, don’t ever mess with the birds.. ^_^ « Thestudioindependent's Blog

Comments are closed.