The Man Behind Doom

Oleh: Krishna.W

Hi all…
Baru-baru ini, terlintas di pikiran gw untuk sharing tentang dunia seputar game development. Well, jadi gw tambah kategori baru di blog ini yang akan membahas hal-hal seputar dunia game development. Semoga bisa jadi masukan dan inspirasi kita yang berminat terhadap dunia game development =)

Untuk postingan pertama ini, gw akan membahas tentang John Carmack. Siapa sih John Carmack ini?

Well, dia adalah seorang programmer yang menjadi pionir dalam pemrograman computer graphics di dunia game dan dia juga merupakan co-founder dari perusahaan game id Software. Hasil karyanya sudah menjadi legenda dalam dunia game, seperti Wolfenstein 3D, Doom, dan Quake. Engine buatannya juga dilisensikan untuk pembuatan game FPS terkenal seperti Half Life,Call of Duty, dan Medal of Honor.

Dalam bidangnya John Carmack adalah seseorang yang sangat disegani dan berpengaruh. Bahkan seorang sekaliber Steve Jobs meminta saran dari John Carmack tentang pengembangan produk Macintosh untuk game.

Salah satu hal yang gw kagumi dari John Carmack adalah spirit of sharing yang dia miliki. John Carmack terkenal sebagai salah seorang pendukung software opensource. Dia merilis sourcecode untuk Wolfenstein 3D di tahun 1995 dan sourcecode untuk Doom di tahun 1997. Dengan begitu, banyak programmer lain yang dapat mempelajari teknik-teknik pemrograman yang digunakan oleh John. (Big Salute for you John.. ^_^)

Sekian dulu pembahasan singkat gw tentang John Carmack, semoga bisa menjadi inspirasi untuk para game developer. Postingan ini akan gw tutup dengan beberapa kutipan dari John Carmack:
– “Programming is not a zero-sum game. Teaching something to a fellow programmer doesn’t take it away from you. I’m happy to share what I can, because I’m in it for the love of programming.” ~ John Carmack
– “Focus is a matter of deciding what things you’re not going to do” ~ John Carmack
– “It’s nice to have a game that sells a million copies.” ~ John Carmack

See you all in another post.. ^_^

Posted with WordPress for BlackBerry.

3 comments

  1. nusa mata · May 7, 2011

    wow mantap om

  2. thestudioindependent · May 8, 2011

    sama – sama..
    moga2 bermanfaat ..
    ^_^

  3. Pingback: Shigeru Miyamoto, Sang ‘Godfather Game’ dari Nintendo « Thestudioindependent's Blog

Comments are closed.