Android Sensor Simulator

Oleh: Krishna.W

Hai all… Gw mau sharing tentang tool yang bisa berguna untuk development di platform android. Di postingan yang gw tulis sebelumnya Pong Droid Series – Part 1, gw menulis tentang fitur-fitur yang ada di platform android. Salah satunya adalah accelerometer.
Apa sih accelerometer itu?

Pada kebanyakan smartphone yang ada sekarang, salah satu kegunaan accelerometer adalah untuk merubah tampilan dari landscape ke portrait dan sebaliknya sesuai dengan posisi smartphone tersebut. Kalo mau tahu lebih detil tentang accelerometer, silahkan dicek disini: Accelerometer on Wikipedia.
Untuk implementasi ke dalam game, kita bisa menggunakan fitur accelerometer ini untuk menggerakkan objek yang ada dalam game dengan cara menggerakkan handphone. Misalnya, kita bisa menggerakkan paddle Pong hanya dengan menggoyangkan handphone kita ke kiri atau ke kanan. (Ini contoh simple dari gw aja sih, gw belum nyoba coding langsung.. ^_^ kalo ada ide2 lain silahkan bereksperimen)

Tool yang gw sebutkan di atas tadi berhubungan dengan development di android yang ingin mengimplementasikan fitur accelerometer. Sebelumnya, coba bayangkan kalau kita ingin menguji fitur accelerometer ini di aplikasi yang akan kita buat menggunakan emulator? Masa’ kita harus memutar-mutar pc atau netbook kita sih? ^_^
Disinilah kegunaan tool Sensor Simulator ini.
Sensor simulator adalah aplikasi Java stand-alone yang mensimulasikan data sensor dan mengirimkannya ke emulator android.
Saat ini fitur-fitur yang ada di simulator ini antara lain:
– Mensimulasikan accelerometer, kompas, sensor orientasi dan juga sensor suhu. (Keren juga nih ^_^)
– Mensimulasikan kontrol untuk gerakan handphone dengan menggunakan mouse.
– Mendukung fungsi-fungsi yang ada pada class Android Sensor.
Masih ada fitur lain yang ada di Sensor Simulator ini, untuk lebih lengkapnya ada di Sensor Simulator Description.

Nah, dengan menggunakan tool tersebut developer jadi bisa lebih mudah untuk menguji aplikasi buatannya di emulator sebelum melakukan pengujian langsung menggunakan handphone.

Oke.. Sampai di sini dulu pembahasan gw tentang Sensor Simulator untuk android ini. Gw akan coba eksperimen membuat game menggunakan tool ini, nanti gw akan sharing di postingan yang lain..

See you all in another post.. ^_^

Posted with WordPress for BlackBerry.