Pixel Art Tutorial

Pixel art adalah karya seni yang memanfaatkan tools standar ‘brush’ untuk menciptakan image dalam ukuran mini. Biasanya, pengguna MS.Windows memanfaatkan aplikasi sederhana MS.Paint yang sudah terinstal dalam OS, atau yang lebih profesional seperti Adobe Photoshop. Lalu apa yang spesial dari Pixel Art? Ukurannya. Pixel art (merujuk dari namanya) adalah karya seni yang metoda penggambarannya seukuran pixel.

Tips yang saya tulis menggunakan Adobe Photoshop.

Perhatikan bahwa Anda akan menggambar pixel menggunakan ukuran canvas yang tidak terlalu besar. Penulis biasanya menggunakan 16×16 pixel

Terlalu kecil bukan? Anda bisa memulai proses penggambaran dengan men-zoom nya hingga 3200% (tergantung resolusi monitor Anda dan kenyamanan Anda bekerja).

Jangan lupa untu buat layer baru! Ini perintah yang wajib Anda lakukan. Anda tidak akan suka ketika semua elemen gambar (mobil, pesawat, monster) menjadi satu layer bukan?

Klik brush di toolbox, kemudian pastikan ukuran brush Anda bernilai satu. Jangan khawatir akan terlihat kecil sebab Anda sudah men-zoom area kerja.

Tips : Perhatikan dua opsi Resize Windows To Fit dan Zoom All Windows. Jika Anda menginginkan window canvas mengikuti ukuran saat di zoom, maka centang opsi ini, jika Anda tidak menyukainya maka abaikan.

Zoom All Windows akan berpengaruh ke semua canvas ketika Anda men-zoom satu canvas. Gunakan opsi ini jika Anda mengikuti referensi melalui dokumen berbeda di Photoshop. Jika tidak, maka opsi ini akan mengganggu Anda jika Anda membuka banyak dokumen dalam satu ruang kerja Photoshop.

Anda bisa memperluas canvas yang tersedia.

Jika Anda menginginkannya, klik kanan pada judul window kerja Anda dan pilih Canvas Size.

Segera setelah Anda memilihnya, akan tampil layar window. Perhatikan dengan seksama ukuran canvas yang Anda memiliki sebelumnya. Ganti satuan unit menjadi Pixel. Anda membutuhkan perhitungan yang akurat untuk hal ini, asumsikan dokumen Anda berukuran 16×16 dan Anda ingin melebarkan satu sisi saja (panjang). Maka, 16 pertama mewakili ukuran lebar dan Anda bisa memasukkan nilai yang Anda inginkan, misalnya 32 (16 x 2 = 32).

Jika Anda sudah menetapkan ukurannya, jangan lupa untuk memprioritaskan kemana arah canvas akan melebarkan dirinya. Perhatikan Anchor dibawah

Secara default Anchor berada di posisi tengah yang memungkinkan canvas akan melebar ke segala arah. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin hanya ingin melebarkan canvas ke kiri, maka ubah Anchor seperti pada gambar berikut

Ada hal lain yang tak kalah penting dalam menggambar akurat di pixel art dalam Photoshop, yaitu fitur Extras (Ctrl + H). Fitur ini seperti snap ketika Anda menggerakkan objek, maka objek satu dan yang lainnya akan diposisikan dengan presisif seperti Anda menggunakan penggaris (digambarkan dengan garis ungu). Untuk mengaktifkan fitur ini bisa dengan mengklik View > Extras atau shortcut Ctrl + H.