Let’s Make your own games (Part 1)

Membuat games? wow bagaimana yah bisa membuat game?bisa membuat suatu karakter bergerak dan bisa dicontrol oleh player. well,itu adalah salah satu kesan pertama penulis ketika mulai terjun ke dalam dunia games development. Penulis sendiri tertarik dikarenakan memang sudah hobi bermain games sejak kecil, dari situ lah mulai berpikiran untuk membuat games sendiri, apalagi kalau gamenya itu nanti bisa dimainkan oleh orang – orang., wih rasanya pasti bakal menyenangkan.

Nah sekarang mari kita bahas bagaimana cara membuat games itu sendiri.

  1. Jika benar – benar belum mengetahui cara membuat games, pastikan dulu anda mau berada di jalur mana. Misal apakah disini anda mau menjadi programmer, atau Arts. Biasanya orang yang baru mulai belajar membuat games lebih ke arah programming,tp jika memang anda lebih suka ke arah arts,  anda tetap bisa membuat games dengan menggunakan program authoring tools, seperti RPG maker,Game maker dll.
  2. jika sudah menentukan arah anda, sebelum membuat game pikirkan ide game terlebih dahulu,ingat cukup pikirkan ide game yang sederhana tidak perlu yang terlalu kompleks dan ambisius, biasanya dimulai dari membuat game pong (Salah satu syarat dari game programmer kebanyakan belajar membuat games dengan membuat game pong telebih dahulu ), Karena segala sesuatu dimulai dari yang sederhana kan.
  3. Jika sudah menentukan ide, tentukan aplikasi yang akan anda gunakan,jika anda seorang programmer anda bisa menggunakan bahasa C/C++, Java, C # with XNA, ataupun menggunakan Flash ActionScript 3, jika anda seorang graphics desainer, anda bisa mencoba membuat games dengan RPG maker atau Game Maker.
  4. Catat ide game anda ke dalam sebuah catatan, dan buat list taks – task apa saja yang harus anda lakukan.
  5. Cari tutorial tentang pembuatan games, internet merupakan guru anda. Bisa coba kunjungi website ini atau coba baca artikel tutorial making 3D pong with flash disini
  6. Jika anda sudah berhasil membuat game pertama anda,lanjutkan dengan membuat game kedua atau kembangkan game pong anda, jika anda membuat game kedua, buat game yang sedikit lebih rumit dari game pertama anda, dengan begini kemampuan anda akan meningkat sedikit demi sedikit.

ya mudah – mudahan saja artikel diatas berguna untuk para pembaca yang ingin membuat games sendiri. Silahkan mencoba.

Penulis : _javax_

Comments are closed.