Pulpcore – java 2D rendering and animation framework

iseng – iseng searching engine game untuk java, penulis menemukan suatu framework yang dinamakan Pulpcore.
Pulpcore adalah java 2D rendering dan animation framework, yang ditujukan untuk para java developer membuat sebuah web based games. framework ini lebih ke arah animasi, karena pulpcore bukan merupakan sebuah engine hanya berupa framework, maka hal – hal yang dibutuhkan untuk keperluan di dalam game seperti collision detection, masih perlu dibuat sendiri oleh developer.

nah kali ini penulis akan sharing bagaimana menggunakan pulpcore.
langsung saja kita mulai.

First Step
1. Download framework pulpcore disini
2. Ekstrak pulpcore.
3. Setelah downlod, buka IDE java, penulis menggunakan JCreator, bisa didownload disini
4. Buat project baru, dan pilih basic java applet,masukan nama project (nama project harus sama dengan nama kelas) setelah itu Go to Project -> project settings -> required libraries -> new, masukan library pulpcore (masuk ke folder dimana pulpcore tadi di ekstrak, lalu ke folder build, dan pilih semua file yg berbentuk .jar )
5. ketik source dibawah ini

/**
* @(#)jajalPulpcore.java
*
* Applet application
*
* @author
* @version 1.00 2010/1/27
*/import pulpcore.scene.Scene2D;
import pulpcore.sprite.FilledSprite;
import pulpcore.sprite.ImageSprite;
import pulpcore.image.AnimatedImage;
import pulpcore.image.CoreImage;
import pulpcore.image.CoreFont;
import pulpcore.image.CoreImage;
import pulpcore.sprite.Label;
import pulpcore.image.Colors;
import static pulpcore.image.Colors.*;
import static pulpcore.math.CoreMath.rand;
import pulpcore.Stage;

public class jajalPulpcore extends Scene2D
{

CoreImage playerLeftImage, playerRightImage;
ImageSprite player;
AnimatedImage anim;

@Override
public void load()
{
add(new FilledSprite(Colors.WHITE));
add(new Label("Test Test", 20, 20));
add(new ImageSprite("cursor.png", 15, 15));

playerLeftImage = CoreImage.load("bot.png");
player = new ImageSprite(playerLeftImage, 50, 50);

add(player);

}

@Override
public void update(int elapsedTime)
{

}

}

dari code diatas pastikan nama kelas disesuaikan dengan nama kelas yang anda buat dan pastikan resource gambar berada di folder classes dari folder project anda. Hal ini dikarenakan hasil compile berada di folder classes. Compile project.

Jika sudah, masuk ke folder dimana anda meng-ekstrak pulpcore, masuk ke folder templates -> quick -> build -> applet, copy file Index.html,play.gif,pulpcore.js, dan splash.gif ke tempat folder project anda dan taruh di folder clasess.

Jika sudah, untuk semua resource gambar yang akan anda gunakan, buat menjadi 1 file .zip, lalu sekarang waktunya mengedit file index.html.
buka file index.html dengan notepad atau html editor.

sebelum mengubah, anda harus menjadikan file project anda menjadi .jar
silahkan googling untuk mencari tahu bagaimana cara mempackage kelas – kelas menjadi .jar.

tapi disini penulis akan memberikan cara lain, masuk ke folder dimana anda meng-ekstrak pulpcore, lalu ke folder build, copy file pulpcore-applet-release-0.11.jar ke folder classes project anda, setelah itu klik kanan pada pulpcore-applet-release-0.11.jar -> open with winrar, setelah terbuka klik add, dan pilih hasil compile file project anda yang berupa .class, dalam contoh ini adalah jajalPulpcore.class.
Jika sudah,rename pulpcore-applet-release-0.11.jar menjadi nama lain,dalam contoh ini menjadi jajalPulcore.jar.

buka file index html tadi, pergi ke bagian ini

pulpcore_width = 640;
pulpcore_height = 480;
pulpcore_archive = “HelloWorld.jar”;
pulpcore_assets = “asset.zip”;
pulpcore_scene = “HelloWorld”;

lalu ubah menjadi seperti ini.

pulpcore_width = 640;
pulpcore_height = 480;
pulpcore_archive = “jajalPulpcore.jar”;
pulpcore_assets = “asset.zip”; //ini adalah file resource gambar anda
pulpcore_scene = “jajalPulpcore”; //ini adalah kelas utama anda
//–>

jika sudah jalankan Index.html dan hasilnya

Penulis : _Javax_

2 comments

  1. alchemist19 · March 31, 2010

    hm, mirip ma GTGE yah? btw, mohon bantuannya yah dalam Java Game Programming

  2. thestudioindependent · April 1, 2010

    hmm..
    agak beda c om..

    klo GTGE kan emang dia engine game,
    sedangkan Pulpcore cuman framework untuk rendering dan animasi aja..

    jadi kayak fitur collision,sound,physic.
    perlu dibuat sendiri lagi..

    ya mudah – mudahan tutorial tentang java bisa ditambah lagi,terutama membuat game di java.

Comments are closed.