First debut


Apa yang unik jika Anda membaca nama “studioindependent?” ya, yaitu tidak diberlakukannya spasi diantara studio dan independent. Lalu apa artinya dari maksud nama tersebut? Studio dan Independent tidak berdiri terpisah dari studio mereka, sebagai studio yang mengawali debut ‘modal dengkul’ dari mengerjakan proyek desain ruangan (dengan hanya satu klien dan satu kali kerja), kemudian mereka menutup jasa tersebut dan terjun ke bisnis video game developer berbasis flash.

Didirikan oleh Indra Permana Hadi dan Fachry Rezky, StudioIndependent bermarkas di Jakarta Selatan dengan PC unit dan ruangan seadanya, berangsur-angsur tim mulai bertambah menjadi beberapa hasil rekruitmen 3 programmer dari forum game di Indonesia (Gamedevid.org).

StudioIndependent sempat merencanakan merubah nama, namun hal tersebut berkali-kali gagal dan tetap menggunakan konsep original mereka STUDIOINDEPENDENT (tanpa prefix “The”). Studio juga masih memiliki logo yang bersifat tentative yang diberlakukan mulai saat game pertama mereka rilis.

Problem yang paling terlihat dalam studio pada awalnya adalah masalah waktu dan PC unit. Tim hanya bisa berkumpul 2 kali seminggu (rabu dan sabtu) serta unit yang sampai saat ini (26 Januari 2010) hanya terdapat 3 unit PC dan laptop masing-masing. Selain itu masalah lain adalah sistem pengelolaan yang masih minim update dan terdeteksi.

Game pertama StudioIndependent rilis Desember 2009 sebagai game berbasis Flash pertama Studio, diikuti game strategi Flash sebagai proyek kedua yang masih dalam tahap pengerjaan.

One comment

  1. anonymous · January 29, 2010

    Terus berjuang,,hidup games developer indonesia..

Comments are closed.